Tips Mempercepat Dan Meringankan Loading Blog Dengan google Code



 
Pada postingan saya yang pertama ini, saya akan memberikan sedikit tips tentang "Tips Meringankan Dan mempercepat Loading Di Blog Dengan Google Code". Mungkin anda menemui masalah ini yaitu loading atau proses membuka halaman di blog anda terlalu lama, hal ini dikarenakan karna blog anda mempunyai size yang berat.Tentu dengan beratnya blog anda maka akan membuat pengunjung tidak betah karna proses membuka halaman yang terlalu lama. Setiap orang termasuk anda jika ingin mengunjungi sebuah website/blog, pasti anda memilih website/blog yang tidak terlalu berat, karena selain lebih cepat dalam proses loadingnya, waktu dan biaya juga lebih hemat.

Blog yang saya pakai disini adalah Blogspot, jadi kecepatan loading blog yang memakai blogspot tergantung banyak/sedikitnya kode script yang kita pakai, berbeda dengan wordpress atau platform blog lain yang menggunakan hosting sendiri,  kecepatan blog tergantung juga dengan jenis dan kapasitas hosting yang kita pakai.

Untuk anda yang memakai platform blogspot, disini saya akan memberikan sebuah tips untuk mengoptimalkan loading blog anda. Jika anda menggunakan sebuah template yang memiliki banyak fitur, anda pasti menemukan sebuah script yang panjang (Biasanya terletak di atas kode </head>) atau script yang telah disimpan oleh orang yang membuat template tersebut.

SCRIPT JAVA SCRIPT YANG BELUM DISIMPAN DI GOOGLE CODE

Berikut contoh sebuah script dan cara menyimpannya di akun google code anda sendiri.

<script language='javascript'>
function Barva(koda)
{
document.getElementById(&quot;vzorec&quot;).bgColor=koda;
document.hcc.barva.value=koda.toUpperCase();
document.hcc.barva.select();
}
function BarvaDruga(koda)
{
document.getElementById(&quot;vzorec2&quot;).bgColor=koda;
document.hcc.Barva2.value=koda.toUpperCase();
document.hcc.Barva2.select();
}

</script> 

Perhatikan kode yang berwarna merah pada script diatas, buka notepad kemudian copy-paste kan kode yang berwarna merah tersebut ke notepad, ingat hanya kode yang berwarna merah!. Setelah itu klik Save As, Pilih All Files-Enconding biarkan pada ANSi.



Setelah selesai menyimpan kode tersebut, sekarang buka akun Google Code agar bisa dipasang di template blog anda. jika belum pernah menggunakan Google Code, berikut saya berikan penjelasannya :


 
  • Kemudian, klik Create a new project  yang terletak disebelah kiri bawah halaman utama Google Code. Tunggu hingga loading halaman berikutnya selesai seperti gambar dibawah :


 Perlu anda perhatikan, dalam pengisian Version Control System dan Source Code License harus sama seperti gambar diatas, ingat persis seperti gambar diatas. Sedangkan untuk kolom lainnya terserah anda mau isi apa. Setelah semuanya selesai klik Create Project.
  • Anda sudah mempunyai akun di Google code, sekarang langkah yang harus anda lakukan adalah menyiman kode script yang sudah dibuat diatas di Google Code. Klik Download kemudian klik Browse dan pilih file javascript yang ingin diupload.
 
  • Jika file javascript tadi sudah selesai anda upload ke Google code, langkah selanjutnya adalah anda tinggal meletakkanya ke template anda. Klik file yang tadi sudah diupload, setelah itu akan terbuka jendela baru. Untuk mendapatkan direct link dari file yang anda upload. Klik kanan pada nama file tersebut kemudian pilih copy link location (firefox) atau salin alamat tautan (Chrome) seperti gambar dibawah.
  • Kemudian letakkan direct link tersebut ke template, caranya perhatikan 2 gambar dibawah ini :

Sebelum disimpan di Google code

 
Sesudah Disimpan Di Google Code

Nah, bagaimana ? jelas terdapat perbedaan antara gambar 1 dengan gambar 2. Coba perhatikan kode yang di blok biru pada gambar diatas. Contohnya seperti dibawah :
<script src="http://kauman.googlecode.com/files/contoh.js" type="text/javascript"/>

kode diatas adalah kode hasil ringkasan dari kode yang panjang pada gambar 1, dan tulisan yang berwarna merah adalah direct link file yang kita upload di Google Code tadi.

Javascript yang sudah disimpan di Google Code
Berikut adalah langkah jika file javascript nya disimpan pada akun Google Code akun orang lain. Contohnya seperti dibawah ini :
<script src='http://jamu-martin.googlecode.com/files/related-martin.js' type='text/javascript'/>  
 Url yang berwarna merah pada contoh diatas harus diganti dengan url script dari Google Code anda, caranya copy url tersebut ke browser anda, contohnya seperti gambar di bawah ini :


Kemudian tekan Enter pada keyboard. Jika muncul pilihan save, Anda tinggal save file tersebut kemudian upload ke Google Code Anda seperti langkah pada nomor 3 diatas.Tapi jika setelah tekan enter muncul kode javascript yang berderet-deret yang banyak , copy kode tersebut ke notepad kemudian simpan seperti pada gambar paling atas artikel ini. Kemudian upload ke Google Code seperti pada langkah-langkah diatas, lalu masukkan/ganti url yang berwarna merah pada javascript yang diatas dengan direct link dari Google Code yang telah anda upload.

Ya, itulahsekedar tips dari saya, semoga bermanfaat.
 


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Tutorial Blog dengan judul Tips Mempercepat Dan Meringankan Loading Blog Dengan google Code. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://expost-jr.blogspot.com/2012/09/tips-mempercepat-dan-meringakna-loading.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Expost Jr - Selasa, 04 September 2012

Belum ada komentar untuk "Tips Mempercepat Dan Meringankan Loading Blog Dengan google Code"

Posting Komentar